NASKAH SOAL LATIHAN
LITERASI MEMBACA 1
ASESMEN STANDARDISASI PENDIDIKAN DAERAH
(ASPD)
TAHUN 2024
1. Kecanggihan teknologi membuat aktivitas manusia menjadi lebih
mudah. Informasi dapat diakses dengan mudah. Teknologi canggih memudahkan komunikasi.
Barang dan jasa lebih mudah didapatkan dengan kecanggihan teknologi.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah …
A. Kecanggihan teknologi membuat aktivitas manusia menjadi lebih
mudah.
B. Informasi dapat diakses dengan mudah.
C. Teknologi canggih memudahkan komunikasi.
D. Barang dan jasa lebih mudah didapatkan dengan kecanggihan
teknologi.
2.
Proyek pembangunan Tol Yogyakarta-Solo saat
ini masih berlangsung. Penyelesaian proyek tersebut direncanakan selesai pada
akhir tahun 2024. Pembangunan tol bertujuan untuk
mengurangi kemacetan yang terjadi di
beberapa ruas jalan nasional.
Makna proyek pada
paragraf tersebut adalah ....
A. rencana pekerjaan dengan sasaran khusus dan penyelesaian yang
tegas
B. tukang atau pekerja yang menyelesaikan pembangunan di
beberapa jalan
C. perbuatan membangun suatu jalan untuk mengatasi kemacetan
D. rencana pengalokasian dana untuk memperbaiki jalan raya
3.
Penyaluran bantuan pemerintah untuk para pelaku usaha
mikro berjalan dengan tertib.
Perhatikan
kata-kata berikut!
(1)
meriah
(2)
kacau
(3)
ramai
(4)
semrawut
Antonim
kata tertib pada kalimat tersebut adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
4. Donor darah memiliki banyak manfaat bagi
penderma darah. Donor darah dapat menurunkan risiko terkena kanker. Selain itu,
kadar kolesterol juga akan menurun. Risiko penyakit jantung juga akan
berkurang.
Ringkasan paragraf tersebut adalah manfaat
donor darah bagi penderma darah dapat menurunkan ....
A. risiko terkena kanker dan menurunkan kadar kolesterol
B. risiko terkena kanker dan risiko terkena penyakit jantung
C. risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol
D. risiko kanker, kadar kolesterol, dan risiko penyakit jantung
5.
Candi Prambanan merupakan candi
yang banyak dikunjungi wisatawan. Wisatawan berlibur ke
Candi Prambanan karena tertarik dengan legenda Roro Jonggrang. Mereka juga
ingin menikmati keindahan arca dan relief yang terdapat di Candi Prambanan.
Selain itu, wisatawan dapat berswafoto dengan latar belakang candi.
Kesimpulan paragraf tersebut adalah …
A. Wisatawan berlibur ke Candi Prambanan karena tertarik legenda
Roro Jonggrang.
B. Wisawatan berlibur ke Candi Prambanan untuk menikmati
keindahan reliefnya.
C. Candi Prambanan banyak dikunjungi wisatawan karena memiliki daya
tarik.
D. Candi Prambanan menjadi latar tempat menarik untuk berswafoto.
6.
Gunung
Merapi merupakan salah satu gunung berapi di Indonesia. Gunung tersebut
mengalami erupsi beberapa kali. Letusan Gunung Merapi memiliki dampak positif
dan negatif. Salah satu dampak positifnya dapat menambah kesuburan tanah.
Dampak negatif dari letusannya dapat merusak lingkungan sekitar.
Pernyataan yang sesuai dengan isi
paragraf tersebut adalah …
A. Gunung Merapi mengalami erupsi satu tahun sekali.
B. Letusan Gunung Merapi berdampak pada lingkungan sekitar.
C. Letusan Gunung Merapi hanya berdampak positif bagi lingkungan.
D. Gunung Merapi merupakan satu-satunya gunung berapi di
Indonesia.
7.
Kebun Binatang Gembira Loka terletak di Kotagede
Yogyakarta. Kebun binatang tersebut memiliki beberapa zona. Ada zona
satwa, wahana bermain, dan pertunjukan hewan. Burung, mamalia, primata dan
reptil terdapat di zona satwa. Zona wahana bermain terdapat sepeda, motor ATV,
speed boat dan bebek kayuh. Zona pertunjukan hewan terdapat
pertunjukan hewan mamalia dan burung pada waktu tertentu. Di sepanjang jalan
menuju pintu keluar kebun binatang terdapat penjual oleh-oleh serta
pernak-pernik.
Jenis paragraf
tersebut adalah ....
A. narasi
B. persuasi
C. deskripsi
D. argumentasi
8. Dinas Kebudayaan berupaya melestarikan
seni macapat. Saat ini, banyak generasi muda yang kurang menyukai dan mengenal
seni macapat. Jika dibiarkan, seni macapat bisa punah. Untuk itu, Dinas
Kebudayaan mengembangkan komunitas-komunitas yang peduli terhadap kelestarian
seni macapat. Kompetisi macapat untuk siswa SD sampai SMA/SMK pun
diselenggarakan dengan hadiah menarik.
Hal yang akan terjadi jika generasi muda mau belajar
macapat adalah ….
A. seni macapat akan dikenang di berbagai penjuru nusantara
B. kompetisi seni macapat bisa diikuti oleh seluruh generasi
muda
C. banyak generasi muda yang menguasai berbagai jenis seni
budaya
D. banyak generasi muda yang mengenal dan menguasai seni macapat
9. Bacalah paragraph berikut!
Teks 1
Satai ayam merupakan salah satu contoh
pengolahan daging ayam. Satai ayam biasanya dimasak di atas bara dengan cara
dipanggang. Setelah matang, satai ayam disiram kecap dan bumbu kacang. Daging
satai ayam berpadu dengan gurihnya bumbu.
Teks 2
Daging kelinci dapat diolah menjadi satai.
potongan daging kelinci diberi perasan air jeruk nipis agar tidak amis. Satai
kelinci dimasak dengan dipanggang di atas bara. Setelah matang, satai kelinci disajikan
dengan bumbu kacang dan kecap. Satai kelinci dipercaya dapat memperkuat tulang
dan gigi.
Perhatikan pernyataan-pernyataan
berikut!
(1) jenis daging
(2) cara memasak
(3) bahan dasar bumbu
(4) manfaat makanan
Persamaan isi dari kedua teks bacaan tersebut
ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
10.
Siswa
kelas V SD Bakti akan berkemah. Setiap regu wajib mengikuti lomba memasak dan
pentas seni. Regu Macan akan membuat masakan nasi goreng. Regu Singa memasak
nasi bakar, sementara Regu Mawar memasak nasi uduk. Regu Melati akan memasak
seperti Regu Macan. Untuk minuman, Regu Mawar dan Melati membuat jus yang sama.
Mereka akan membuat jus melon. Regu Macan akan membuat jus jambu dan Regu Singa
membuat jus apel. Saat pentas seni, Regu Singa akan menampilkan tari Rampak.
Regu Macan dan Mawar akan menampilkan pembacaan puisi. Judul puisi pada regu
macan adalah Api Membara, sementara regu mawar berjudul Merah Putih. Regu Melati
akan menampilkan tarian seperti Regu Singa, namun berupa tari Ganong.
Perhatikan tabel berikut!
Regu Macan |
Regu Singa |
Regu Mawar |
Regu Melati |
(1)
… |
nasi bakar |
nasi uduk |
nasi goreng |
jus jambu |
jus apel |
jus melon |
(4) … |
puisi Api Membara |
(2) … |
(3) … |
tari Ganong |
Isian yang tepat untuk (1), (2), (3), dan (4) secara berurutan
adalah…
A. nasi uduk, tari Rampak, puisi Merah
Putih, dan jus apel
B. nasi uduk, puisi Merah Putih, tari
Rampak, dan jus apel
C. nasi goreng, tari Rampak, puisi Merah
Putih, dan jus melon
D. nasi goreng, puisi Merah Putih, tari
Rampak, dan jus melon
11.
Bacalah
paragraf berikut!
Siswa kelas VI sedang mengadakan jelajah
alam. Mereka menyusuri hutan untuk menemukan kode-kode yang harus dipecahkan.
Saat di tengah hutan, Ani dan anggota regunya kehilangan jejak.
“Kawan, sepertinya kita salah jalur!”
teriak Rini dari belakang.
“Betul, aku tidak melihat tanda petunjuk
arah,” sahut anggota regu lainnya.
Ani meminta Ratna untuk mengamati peta
jelajah dan menggunakan kompas. Ternyata, kompas milik Ratna ketinggalan di
tenda. Bahkan, tidak ada anggota lain yang membawa kompas. Kemudian mereka
berjalan menuju pohon besar yang dilalui sebelumnya.
Mereka mencari jejak-jejak atau tanda
arah panah yang ada disekitar pohon.
“Coba lihat, ini ada tanda arah panah,”
teriak Lala dengan gembira.
“Ayo, kita mencari jejak kaki! Siapa tahu
ada petunjuk untuk keluar dari tengah hutan ini!” sahut Ani.
Tak lama kemudian, mereka bertemu dengan
regu Sakura. Mereka berdampingan untuk melanjutkan jelajah alam. Mereka pun
dapat bertemu dengan regu yang lain.
Bagaimana regu Mawar bisa keluar dari tengah hutan?
Regu Mawar bisa keluar dari tengah hutan dengan ….
A. menggunakan kompas Ratna dan bertemu dengan regu Sakura
melanjutkan jelajah alam
B. mengamati peta jelajah alam kemudian berjalan menuju pohon
yang dilalui sebelumnya.
C. menuju pohon besar yang dilalui sebelumnya, mencari tanda
arah panah, dan jejak kaki
D. bertemu dengan regu Sakura dan berjalan berdampingan
melanjutkan perjalanan
12.
Setiap hari, Ibu Titi induk merpati
bangun pukul 04.00. Ia bersiap untuk mencari makan. Ibu Titi beberapa kali
membangunkan Leti, anaknya. Leti hanya membuka mata sejenak lalu kembali tidur.
Padahal, setiap hari Ibu Titi menasihati anaknya tersebut untuk membiasakan
bangun pagi. Leti baru bangun ketika matahari mulai bersinar terik.
“Kamu harus belajar
disiplin dan mandiri, Nak!” kata Ibu Titi.
“Aku masih
mengantuk, Bu. Aku juga tidak mau cari makan sendiri. Aku masih kecil,” jawab Leti.
“Kamu tidak bisa
selamanya mengandalkan Ibu untuk mencari makan. Kamu harus belajar
mandiri sejak kecil,” Ibu Titi menasihati.
Perhatikan
watak tokoh cerita berikut!
(1)
mandiri
(2)
hemat
(3)
sabar
(4)
disiplin
Watak
tokoh Ibu Titi pada cerita tersebut ditunjukkan nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
13. Anna sudah menjadi atlet sejak kelas tiga
SD. Ia sering mengikuti perlombaan lari hingga tingkat nasional. Kemampuan
berlarinya seperti binatang citah. Tak mengherankan, Anna selalu memenangkan
kejuaraan lari.
Makna simbol citah pada paragraf
tersebut adalah memiliki kecepatan lari yang ….
A. lincah dan energik
B. panjang langkah
C. sangat kencang
D. penuh semangat
14.
Bacalah
cerita berikut!
Sudah berkali-kali Pak Yoga menegur Zaki.
Ia terus saja mengganggu teman yang duduk di sampingnya. Pak Yoga kemudian
menyuruh Zaki untuk pindah ke tempat duduk yang kosong. Sikap Zaki tidak ada perubahan.
Ia masih mengganggu teman di sekitarnya. Pak Yoga menghampiri Zaki dan berkata,
“Coba jelaskan kepada teman-temanmu tentang rotasi bumi!” Zaki hanya tertunduk sambil memainkan jemari tangannya.
Makna bagian yang dicetak tebal pada
cerita tersebut adalah Zaki ....
A. menahan rasa kecewa atas sikap Pak Yoga
B. malu karena tidak bisa menjelaskan tentang rotasi bumi
C. menyesal tidak menunjukkan kepintarannya di depan guru
D. memikirkan jawaban menggunakan jari-jarinya
15.
Bacalah cerita berikut!
Suatu hari, Belalang
yang melihat Semut lewat sambil membawa biji jagung ke sarangnya. Belalang
meminta Semut bergabung bersamanya untuk bersenang-senang. Semut menolak dan
memberi tahu Belalang bahwa dia sedang mencari makanan untuk cadangan musim
dingin. Di musim dingin, makanan akan langka dan sulit dicari. Belalang
mengabaikan cerita Semut karena dia tak mau repot. Akhirnya musim dingin pun
tiba. Belalang tidak memiliki makanan untuk bertahan hidup pada musim dingin.
Hal ini berbanding terbalik dengan Semut. Pada musim dingin, Semut menikmati lezatnya
jagung di sarangnya.
Kesimpulan yang tepat untuk teks cerita
tersebut adalah …
A. Semut dapat bertahan hidup pada musim dingin berkat kerja
keras menyiapkan cadangan makanan.
B. Semut menyiapkan cadangan makanan untuk bertahan hidup pada
musim dingin dengan Belalang.
C. Belalang mengabaikan cerita Semut karena tidak mau repot
menghadapi musim dingin
D. Belalang dapat bertahan hidup dengan selalu santai dan
bersenang-senang.
16.
Nando
bercita-cita menjadi atlet sepak bola nasional. Setiap hari Nando berlatih
berbagai teknik permainan sepak bola. Ia juga berlatih fisik untuk menjaga
ketahanan tubuh. Nando selalu mengikuti pertandingan sepak bola untuk mengasah
kemampuan. Akhirnya, tahun ini Nando terpilih menjadi atlet sepak bola terbaik
tingkat nasional.
Amanat berdasarkan cerita tersebut
adalah …
A. Kita harus bercita-cita menjadi atlet sepak bola nasional.
B. Sebaiknya kita selalu mengikuti pertandingan agar cita-cita
tercapai.
C. Sebaiknya kita berlatih berbagai teknik menjaga ketahanan
tubuh.
D. Untuk meraih cita-cita kita harus berlatih dan mengasah
kemampuan.
17.
Bacalah
cerita di bawah ini!
Kancil dan Kerbau berteman sejak kecil. Mereka
hidup bertetangga di lingkungan yang damai. Suatu saat, Kancil diam termenung
sendiri di pinggir hutan usai berlari. Kancil memang gemar berlari. “Kancil,
kenapa kamu murung?” tanya Kerbau sambil menghampiri. Kancil memegang kaki
sebelah kanannya, “Lututku sedang terluka karena jatuh dari tebing. Apa kamu
mau membantuku untuk pulang, Kerbau?” Kerbau menaikkan Kancil di atas
punggungnya dan membawa pulang ke rumah Kancil. Kerbau teringat saat ibunya
mengoleskan obat ke kakinya yang sakit. Kerbau pun mengambil obat di rumahnya
dan mengoleskannya ke kaki Kancil. Hal tersebut segera dilakukan supaya lukanya
segera sembuh.
Tema cerita tersebut adalah ….
A. lingkungan
B. budi pekerti
C. pengalaman
D. kegemaran
18.
Bacalah
cerita berikut!
Lulu merupakan pemimpin kelinci. Kawanan
kelinci akan merayakan pesta panen di kebun wortel. Pesta tersebut hanya boleh
dihadiri oleh kawanan kelinci. Dodot mendengar kabar pesta panen tersebut. Ia
ingin sekali hadir ke pesta itu. Sayangnya, dia bukan kelinci, melainkan si
marmut hitam.
Meskipun sudah lama berteman, Lulu tidak
mengizinkan Dodot datang ke pesta. Ia harus menjaga nama baiknya sebagai
pemimpin kelinci. Namun, Dodot ngotot ingin hadir di pesta itu. Ia ingin
menikmati wortel yang melimpah. Berkali-kali Dodot membujuk Lulu, tetapi
usahanya tetap gagal. Bahkan, Dodot berencana akan berdandan menyerupai
kelinci.
Pesta panen di kebun wortel tiba. Semua
kawanan kelinci berdatangan dengan kostum seragam. Dodot berpikir, bila ia
tetap datang, pasti akan ketahuan. Ia akan mempermalukan Lulu. Dodot pun
mengurungkan niatnya. Ia menyadari bahwa dirinya bukanlah kelinci.
Nilai moral positif tokoh Dodot dalam
cerita tersebut adalah …
A. menyusun taktik agar diizinkan ikut
pesta
B. berusaha berdandan menyerupai kelinci
C. tetap membujuk Lulu meskipun gagal
D. menyadari bahwa dirinya bukan kelinci
19.
Perhatikan
cerita berikut!
Hari itu, matahari sangat terik. Kuda,
Kelinci, dan Kera berbondong-bondong pergi ke sungai untuk mencari air. Setiba
di sungai, mereka melihat Rusa berada di sana. “Selamat siang, Rusa,” kata
Kelinci. Rusa diam saja seolah tidak
mendengar sapaan Kelinci. Setelah puas minum, Rusa pergi tanpa sepatah
kata. Kelinci dan teman-teman segera
minum di sungai itu. Tak lama kemudian, terdengar suara sayup-sayup minta
tolong. Mereka segera berlari menuju sumber suara. Ternyata, itu suara Rusa
yang tertimpa pohon.
“Ayo, teman-teman, kita singkirkan pohon
itu!” teriak Kelinci.
“Kenapa harus kita tolong? Dia bukan
teman kita,” jawab Kera.
“Benar, tinggalkan saja! Aku tak mau
menolong orang sombong!” jelas Kuda.
Kelinci pun menasihati Kuda dan Kera agar
membantu siapa saja yang membutuhkan. Mereka berhasil menyingkirkan pohon yang
menimpa Rusa. Rusa pun senang dan minta maaf karena keangkuhannya. Sejak saat
itu, mereka bersahabat baik.
Keteladanan tokoh Kelinci dalam cerita
tersebut adalah ...
A. Mau menolong tanpa pamrih.
B. Berani mengakui kesalahannya.
C. Mau meminta maaf teman yang bersalah.
D. Berhasil mendamaikan teman yang
berselisih.
20.
Dani ingin merantau ke
kota. Orang tuanya sedih harus berpisah dengan anak kesayangannya. Awalnya, kedua
orang tuanya … melepas kepergian anaknya tersebut. Namun, demi kesuksesan
anaknya, akhirnya mereka merestui.
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi
kalimat rumpang tersebut adalah … hati.
A. berat
B. besar
C. buah
D. jantung
21.
Pak
Budi adalah seorang guru berprestasi dan terkenal ramah kepada siapa saja.
Ketika berpapasan dengan orang lain yang dikenal, beliau selalu menyapa. Beliau
juga tidak sombong walaupun mengukir banyak prestasi. Bahkan beliau sering
berbagi ilmu kepada guru yang lain. Memang, Pak Budi bagaikan ….
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah …
A. Baik berjagung-jagung sementara padi
belum masak.
B. Ilmu padi, makin berisi makin runduk.
C. Ada beras taruh dalam padi.
D. Ada padi segala menjadi.
22.
Perhatikan petunjuk penggunaan setrika uap yang disusun
acak berikut!
(1)
Tunggu hingga keluar uap dari setrika!
(2)
Tancapkan steker pada stopkontak, lalu tekan
tombol on!
(3)
Isilah tangki setrika dengan air!
(4)
Kembalikan posisi awal temperature, tekan tombol off
lalu cabut steker dari stopkontak!
(5)
Aturlah temperatur sesuai kebutuhan!
(6)
Setelah keluar uap, gunakan setrika pada pakaian
seperlunya!
Urutan penggunaan
setrika uap yang benar secara runtut adalah ....
A. (3)-(1)-(2)-(6)-(5)-(4)
B. (3)-(1)-(6)-(2)-(5)-(4)
C. (3)-(2)-(6)-(1)-(5)-(4)
D. (3)-(2)-(5)-(1)-(6)-(4)
23.
Perhatikan
petunjuk membuat batik jumputan berikut!
(1) Lepaskan semua ikatan karet, peraslah
kain kemudian jemur hingga kering!
(2) Siapkan kain putih secukupnya, lalu
gambarlah bulatan-bulatan kecil dengan pensil!
(3) Letakkan kelereng pada gambar bulatan-bulatan
kecil lalu ikat dengan karet!
(4) Aduk-aduklah kain yang direbus
secukupnya!
(5) Angkatlah kain dari rebusan lalu bilas
menggunakan air dingin dan bersih!
(6) Basailah kain ikatan, rebuslah dalam
campuran air, pewarna, garam, dan cuka!
Urutan petunjuk membuat batik jumputan
yang benar adalah ….
A. (2) – (3) – (4) – (6) – (5) – (1)
B. (2) – (3) – (6) – (4) – (5) – (1)
C. (2) – (4) – (3) – (5) – (6) – (1)
D. (2) – (4) – (5) – (3) – (6) – (1)
24.
Perhatikan
gambar berikut!
Paragraf deskripsi sesuai gambar tersebut adalah ….
A. Ada beberapa anak sedang membersih lantai, papan tulis, dan
meja ruang kelas. Sekarang ruang kelas
menjadi bersih. Anak-anak dapat belajar dengan nyaman. Mereka mendapat pujian
dari guru, karena mereka anak yang pandai dan rajin.
B. Ada satu anak laki-laki dan dua anak perempuan di ruang
kelas. Anak laki–laki sedang membersihkan papan tulis. Sedangkan dua anak
perempuan lainnya ada yang membersihkan lantai dan ada yang membersihkan meja.
C. Di ruang kelas yang indah, dinding bercat kuning, lantai
berwarna biru. Ada satu vas bunga yang cantik. Anak-anak sangat senang membersihkan
kelas. Kelas mereka bersih, sehingga guru dan siswa lebih semangat dalam
belajar.
D. Ada beberapa anak membersihkan ruang kelas. Mereka adalah
siswa kelas 6 SD Ceria. Mereka saling bekerja sama membersihkan kelas. Sekarang
kelas mereka bersih dan nyaman. Teman-teman yang lain pun lebih bersemangat
belajar di kelas.
25.
Cermatilah teks laporan
berikut!
Pada hari Jumat, sebagian warga SD Melati membersihkan ruang
UKS. Kegiatan dilaksanakan untuk menghadapi lomba UKS. Kegiatan bersih-bersih
dilakukan oleh siswa kelas IV dan V. Siswa kelas IV bertugas membersihkan meja,
kursi, dan tempat tidur. … UKS SD Melati menjadi bersih, sehat, dan nyaman.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks
laporan tersebut adalah …
A. Meja kursi menjadi bersih dan rapi karena dibersihkan oleh
siswa kelas V.
B. Siswa kelas V bertugas mengepel lantai, membersihkan almari,
dan kotak obat.
C. Mereka juga membersihkan tempat tidur sehingga menjadi bersih,
rapi, dan nyaman.
D. Siswa kelas V mengamati kegiatan yang dilakukan oleh siswa
kelas IV.
26.
Perhatikan
iklan berikut!
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi
iklan tersebut adalah …
A. Tanamlah tumbuhan hijau di lingkungan
kita!
B. Galakkan menanam pohon di semua tempat!
C. Biasakan tidak memakai kendaraan
bermotor!
D. Hijaukan bumi dengan cat tembok warna
hijau!
27.
Anak-anak
yang Ibu banggakan. Perundungan merupakan perilaku yang tidak terpuji.
Perundungan dapat mengakibatkan trauma bagi korban maupun orang di sekitarnya. Kalian
melihat atau menjadi korban perundungan, jangan takut segera laporkan! …
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi
kutipan pidato tersebut adalah …
A. Kalian tidak perlu takut karena identitas pelapor akan
dirahasiakan agar aman.
B. Apabila kalian membiarkan perundungan, itu sama saja berbuat
berdosa.
C. Mendukung perundungan sama saja membiarkan perundungan
terjadi.
D. Ketakutan hanya akan membebani hidup kita dan menambah
masalah.
28.
Perhatikan
kalimat berikut!
Model tersebut sedang … busana terbaru
dari Butik Allea.
Kata bentukan yang tepat untuk
melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A. memeragai
B. memperagai
C. memeragakan
D. memperagakan
29.
Migrasi adalah perpindahan penduduk dari pulau padat
ke pulau lain yang berpenduduk jarang.
Perbaikan penggunaan istilah bercetak
tebal yang tepat pada kalimat tersebut ....
A. transmigrasi
B. urbanisasi
C. emigrasi
D. imigrasi
30.
Bacalah
paragraf berikut!
Ayah sedang melihat televisi. Ibu
memasak air di dapur. Adik bermain di halaman. Sedangkan saya berada di
kebun belakang rumah. Saya menonton tanaman hijau yang tumbuh di kebun.
Tanaman tersebut tumbuh subur dengan bunga bermekaran karena ibu merawat dengan
baik.
Perhatikan kata-kata berikut!
(1) memandang
(2) menonton
(3) menanak
(4) menjerang
(5) melirik
(6) mengamati
Perbaikan penggunaan kata bercetak tebal secara berurutan
adalah nomor ….
A. (1), (2), (5)
B. (1), (4), (6)
C. (2), (3), (5)
D. (2), (4), (6)
31. Malioboro merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di
Yogyakarta. Wisatawan dapat menikmati berbagai tempat belanja dan keragaman
budaya Yogyakarta. Wisatawan dapat menemukan berbagai macam barang belanjaan. Ada
kerajinan tangan lokal, batik khas Yogyakarta, hingga kuliner tradisional yang
lezat. Malioboro juga tempat menjadi
untuk pertunjukan menyaksikan seni tradisional.
Perbaikan tata kalimat yang benar pada
kata yang dicetak tebal yaitu …
A. Malioboro menjadi tempat untuk menyaksikan pertunjukan
tradisional seni juga.
B. Malioboro juga menjadi tempat untuk menyaksikan pertunjukan
seni tradisional.
C. Malioboro juga tempat untuk menjadi menyaksikan pertunjukan
seni tradisional.
D. Malioboro juga tempat untuk menyaksikan menjadi pertunjukan
seni tradisional.
32.
Pemanfaatan
limbah sampah menjadi barang layak pakai, berbagai lapisan masyarakat
menggencarkan. Hal ini dikarenakan tempat pembuangan sampah yang ada di
Piyungan Bantul telah resmi ditutup. Penutupan dilakukan karena penuhnya Kapasitas
bagi penampungan sampah. Pak Bandi petugas kebersihan di Kompleks perumahan
bingung mengatasi masalah tersebut.
Perhatikan kata-kata berikut!
(1) Berbagai
(2) Piyungan
(3) Kompleks
(4) Kapasitas
(5) Penutupan
(6) Bantul
Kesalahan penggunaan huruf kapital ditunjukkan oleh nomor
….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (5) dan (6)
33.
Siang
itu(,) teman lama Rima berkunjung ke rumah. Ia membawa buah-buahan(;) salak,
jeruk, dan mangga. Setelah temannya pulang(:) Rima berkata pada ibunya, “Bu, buah-buahan
ini cukup banyak(.) Bagaimana kalau kita bagikan kepada tetangga sekitar
rumah(!)” kata Rima. Ibu pun menyetujui usulan Rima.
Perhatikan tanda baca berikut!
(1) tanda koma (,)
(2) tanda titik koma (;)
(3) tanda titik dua (:)
(4) tanda titik (.)
(5) tanda seru (!)
Penggunaan tanda baca yang salah pada
paragraf tersebut adalah ….
B. (1), (3), dan (4)
C. (2), (3), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)
34. Ayahku
seorang pamong desa. Dahulu, beliau kuliah di sebuah universitas di Yogyakarta.
Beliau mengambil jurusan di Fakultas Pertanian. Ayahku bernama Suranta sp.
Sekarang ayahku membuka pameran hasil pertanian di balai desa.
Penulisan
singkatan gelar yang benar adalah ….
A. Suranta, Sp.
B. Suranta, S,P.
C. Suranta, S.p.
D. Suranta, S.P.
35.
“Nak(…)
jangan lupa kunci pintu kalau Ibu sudah berangkat kerja, ya (…)” pinta Ibu.
Perhatikan tanda baca berikut!
(2)
tanda
koma (,)
(3)
tanda
seru (!)
(4)
tanda
petik (“..”)
Tanda
baca yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
36.
Saya
tinggal di Kota Yogyakarta. Rumah saya berada di Jalan kusumanegara. Ayah saya
seorang guru di SD Semangat. Ibu saya pemilik Toko Barokah. Toko itu menjual
oleh-oleh khas Yogyakarta. Toko itu menjual bakpia Pathuk, batik sleman, geplak
bantul, dan lain-lain.
Perhatikan penulisan kata-kata berikut!
(1) Kota Yogyakarta
(2) Jalan kusumanegara
(3) SD Semangat
(4) Toko Barokah
(5) batik sleman
(6) geplak bantul
Penggunaan huruf kapital yang benar pada paragraf tersebut
ditunjukkan oleh nomor ….
A. (1), (2), (5)
B. (1), (3), (4)
C. (2), (4), (5)
D. (3), (5), (6)
37. Pak Ilham pergi ke Pulau Bali pada bulan juni. Di sana beliau akan menghadiri pernikahan kerabatnya yang bernama profesor Made Purnama. Acara tersebut dihadiri oleh tokoh adat dari suku Bali.
Perhatikan perbaikan penulisan huruf
kapital berikut!
(1) pulau Bali
(2) bulan Juni
(3) Profesor Made Purnomo
(4) Suku Bali
Perbaikan kesalahan penggunaan huruf kapital yang tepat ditunjukkan nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
38.
Hari
ini, Rini dan kedua temannya berkunjung ke Pantai Anyer. Mereka asik bermain di pinggir pantai. Mereka
menaati imbauan dari petugas untuk selalu berhati-hati. Setelah puas bermain,
mereka menuju tempat penjualan cenderamata. Rini membeli kaus dan kedua
temannya membeli hiasan dinding dari kerang.
Perhatikan kata-kata berikut!
(1) asyik
(2) himbauan
(3) cendera mata
(4) kaos
Perbaikan kesalahan penulisan kata baku pada paragraf
tersebut adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)
39.
Pukul
empat, Tiara bangun tidur. Ia merapikan tempat tidur. Sebelum mandi, Tiara
harus menyiapkan beberapa alat tulis(,) buku, pensil, penghapus, dan penggaris.
Tiba-tiba, “Tiara(!) bantu Ibu Nak(.)” kata Ibu. Mendengar panggilan Ibu, Tiara
segera bergegas membantu Ibu di dapur.
Perhatikan tanda baca berikut!
(1)
tanda
koma (,)
(2)
tanda
titik (.)
(3)
tanda
titik dua (:)
(4)
tanda
titik koma (;)
(5)
tanda
seru (!)
(6)
tanda
tanya (?)
Perbaikan penulisan tanda
baca secara berurutan yang tepat adalah ….
A. (3), (1), (5)
B. (3), (2), (6)
C. (4), (1), (5)
D. (4), (2), (6)
40.
Masyarakat
kesulitan mendapatkan sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Begitupun
dengan para petani, mereka mengalami gagal panen. Selain itu, pohon-pohon juga
banyak yang mati. Itulah beberapa dampak dari kekeringan.
Ide pokok paragraf di atas adalah ….
A. dampak kekeringan
B. kebutuhan air
C. petani gagal panen
D. kesulitan air bersih
KUNCI JAWABAN
0 comments:
Posting Komentar