Sahabat Teknologi DIY 2023

Minggu, 19 Mei 2024

Pendalaman Materi 1

 

 

 

Coba kerjakan di bukumu lalu cocokkan dengan kunci jawaban di akhir latihan. Selamat belajar! 

 

 

 

 

NASKAH SOAL LATIHAN

LITERASI MEMBACA 1


 

 

ASESMEN STANDARDISASI PENDIDIKAN DAERAH (ASPD)

TAHUN 2024


 

1.     Kecanggihan teknologi membuat aktivitas manusia menjadi lebih mudah. Informasi dapat diakses dengan mudah. Teknologi canggih memudahkan komunikasi. Barang dan jasa lebih mudah didapatkan dengan kecanggihan teknologi.

 

Kalimat utama paragraf tersebut adalah …

A.    Kecanggihan teknologi membuat aktivitas manusia menjadi lebih mudah.

B.    Informasi dapat diakses dengan mudah.

C.    Teknologi canggih memudahkan komunikasi.

D.    Barang dan jasa lebih mudah didapatkan dengan kecanggihan teknologi.

 

2.     Proyek pembangunan Tol Yogyakarta-Solo saat ini masih berlangsung. Penyelesaian proyek tersebut direncanakan selesai pada akhir tahun 2024. Pembangunan tol bertujuan untuk mengurangi  kemacetan yang terjadi di beberapa ruas jalan nasional.

 

Makna proyek pada paragraf tersebut adalah ....

A.    rencana pekerjaan dengan sasaran khusus dan penyelesaian yang tegas

B.    tukang atau pekerja yang menyelesaikan pembangunan di beberapa jalan

C.    perbuatan membangun suatu jalan untuk mengatasi kemacetan

D.    rencana pengalokasian dana untuk memperbaiki jalan raya

 

3.     Penyaluran bantuan pemerintah untuk para pelaku usaha mikro berjalan dengan tertib.

Perhatikan kata-kata berikut!

(1)   meriah

(2)   kacau

(3)   ramai

(4)   semrawut

 

Antonim kata tertib pada kalimat tersebut adalah ….

A.    (1) dan (2)

B.    (1) dan (3)

C.    (2) dan (3)

D.    (2) dan (4)

 

 

 

4.     Donor darah memiliki banyak manfaat bagi penderma darah. Donor darah dapat menurunkan risiko terkena kanker. Selain itu, kadar kolesterol juga akan menurun. Risiko penyakit jantung juga akan berkurang.

 

Ringkasan paragraf tersebut adalah manfaat donor darah bagi penderma darah dapat menurunkan ....

A.    risiko terkena kanker dan menurunkan kadar kolesterol

B.    risiko terkena kanker dan risiko terkena penyakit jantung

C.    risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol

D.    risiko kanker, kadar kolesterol, dan risiko penyakit jantung

 

5.     Candi Prambanan merupakan candi yang banyak dikunjungi wisatawan. Wisatawan berlibur ke Candi Prambanan karena tertarik dengan legenda Roro Jonggrang. Mereka juga ingin menikmati keindahan arca dan relief yang terdapat di Candi Prambanan. Selain itu, wisatawan dapat berswafoto dengan latar belakang candi.

 

Kesimpulan paragraf tersebut adalah …

A.    Wisatawan berlibur ke Candi Prambanan karena tertarik legenda Roro Jonggrang.

B.    Wisawatan berlibur ke Candi Prambanan untuk menikmati keindahan reliefnya.

C.    Candi Prambanan banyak dikunjungi wisatawan karena memiliki daya tarik.

D.    Candi Prambanan menjadi latar tempat menarik untuk berswafoto.

 

6.     Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi di Indonesia. Gunung tersebut mengalami erupsi beberapa kali. Letusan Gunung Merapi memiliki dampak positif dan negatif. Salah satu dampak positifnya dapat menambah kesuburan tanah. Dampak negatif dari letusannya dapat merusak lingkungan sekitar.

 

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah …

A.    Gunung Merapi mengalami erupsi satu tahun sekali.

B.    Letusan Gunung Merapi berdampak pada lingkungan sekitar.

C.    Letusan Gunung Merapi hanya berdampak positif bagi lingkungan.

D.    Gunung Merapi merupakan satu-satunya gunung berapi di Indonesia.

 

7.     Kebun Binatang Gembira Loka terletak di Kotagede Yogyakarta. Kebun binatang tersebut memiliki beberapa zona. Ada zona satwa, wahana bermain, dan pertunjukan hewan. Burung, mamalia, primata dan reptil terdapat di zona satwa. Zona wahana bermain terdapat sepeda, motor ATV, speed boat dan bebek kayuh. Zona pertunjukan hewan terdapat pertunjukan hewan mamalia dan burung pada waktu tertentu. Di sepanjang jalan menuju pintu keluar kebun binatang terdapat penjual oleh-oleh serta pernak-pernik.

 

Jenis paragraf tersebut adalah ....

A.    narasi

B.    persuasi

C.    deskripsi

D.    argumentasi

 

8.     Dinas Kebudayaan berupaya melestarikan seni macapat. Saat ini, banyak generasi muda yang kurang menyukai dan mengenal seni macapat. Jika dibiarkan, seni macapat bisa punah. Untuk itu, Dinas Kebudayaan mengembangkan komunitas-komunitas yang peduli terhadap kelestarian seni macapat. Kompetisi macapat untuk siswa SD sampai SMA/SMK pun diselenggarakan dengan hadiah menarik.

 

Hal yang akan terjadi jika generasi muda mau belajar macapat adalah ….

A.    seni macapat akan dikenang di berbagai penjuru nusantara

B.    kompetisi seni macapat bisa diikuti oleh seluruh generasi muda

C.    banyak generasi muda yang menguasai berbagai jenis seni budaya

D.    banyak generasi muda yang mengenal dan menguasai seni macapat

 

 

 

9.     Bacalah paragraph berikut!

Teks 1

Satai ayam merupakan salah satu contoh pengolahan daging ayam. Satai ayam biasanya dimasak di atas bara dengan cara dipanggang. Setelah matang, satai ayam disiram kecap dan bumbu kacang. Daging satai ayam berpadu dengan gurihnya bumbu.

 

Teks 2

Daging kelinci dapat diolah menjadi satai. potongan daging kelinci diberi perasan air jeruk nipis agar tidak amis. Satai kelinci dimasak dengan dipanggang di atas bara. Setelah matang, satai kelinci disajikan dengan bumbu kacang dan kecap. Satai kelinci dipercaya dapat memperkuat tulang dan gigi.

 

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

(1)   jenis daging

(2)   cara memasak

(3)   bahan dasar bumbu

(4)   manfaat makanan

 

Persamaan isi dari kedua teks bacaan tersebut ditunjukkan oleh nomor ....

A.    (1) dan (2)

B.    (1) dan (3)

C.    (2) dan (3)

D.    (3) dan (4)

 

 

10.  Siswa kelas V SD Bakti akan berkemah. Setiap regu wajib mengikuti lomba memasak dan pentas seni. Regu Macan akan membuat masakan nasi goreng. Regu Singa memasak nasi bakar, sementara Regu Mawar memasak nasi uduk. Regu Melati akan memasak seperti Regu Macan. Untuk minuman, Regu Mawar dan Melati membuat jus yang sama. Mereka akan membuat jus melon. Regu Macan akan membuat jus jambu dan Regu Singa membuat jus apel. Saat pentas seni, Regu Singa akan menampilkan tari Rampak. Regu Macan dan Mawar akan menampilkan pembacaan puisi. Judul puisi pada regu macan adalah Api Membara, sementara regu mawar berjudul Merah Putih. Regu Melati akan menampilkan tarian seperti Regu Singa, namun berupa tari Ganong.

 

Perhatikan tabel berikut!

Regu Macan

Regu Singa

Regu Mawar

Regu Melati

(1)  

nasi bakar

nasi uduk

nasi goreng

jus jambu

jus apel

jus melon

(4) …

puisi Api Membara

(2) …

(3) …

tari Ganong

 

Isian yang tepat untuk (1), (2), (3), dan (4) secara berurutan adalah…

A.    nasi uduk, tari Rampak, puisi Merah Putih, dan jus apel

B.    nasi uduk, puisi Merah Putih, tari Rampak, dan jus apel

C.    nasi goreng, tari Rampak, puisi Merah Putih, dan jus melon

D.    nasi goreng, puisi Merah Putih, tari Rampak, dan jus melon

 

11.  Bacalah paragraf berikut!

Siswa kelas VI sedang mengadakan jelajah alam. Mereka menyusuri hutan untuk menemukan kode-kode yang harus dipecahkan. Saat di tengah hutan, Ani dan anggota regunya kehilangan jejak.

“Kawan, sepertinya kita salah jalur!” teriak Rini dari belakang.

“Betul, aku tidak melihat tanda petunjuk arah,” sahut anggota regu lainnya.

Ani meminta Ratna untuk mengamati peta jelajah dan menggunakan kompas. Ternyata, kompas milik Ratna ketinggalan di tenda. Bahkan, tidak ada anggota lain yang membawa kompas. Kemudian mereka berjalan menuju pohon besar yang dilalui sebelumnya.

Mereka mencari jejak-jejak atau tanda arah panah yang ada disekitar pohon.

“Coba lihat, ini ada tanda arah panah,” teriak Lala dengan gembira.

“Ayo, kita mencari jejak kaki! Siapa tahu ada petunjuk untuk keluar dari tengah hutan ini!” sahut Ani.

Tak lama kemudian, mereka bertemu dengan regu Sakura. Mereka berdampingan untuk melanjutkan jelajah alam. Mereka pun dapat bertemu dengan regu yang lain.

 

Bagaimana regu Mawar bisa keluar dari tengah hutan?

Regu Mawar bisa keluar dari tengah hutan dengan ….

A.    menggunakan kompas Ratna dan bertemu dengan regu Sakura melanjutkan jelajah alam

B.    mengamati peta jelajah alam kemudian berjalan menuju pohon yang dilalui sebelumnya.

C.    menuju pohon besar yang dilalui sebelumnya, mencari tanda arah panah, dan jejak kaki

D.    bertemu dengan regu Sakura dan berjalan berdampingan melanjutkan perjalanan

 

12.  Setiap hari, Ibu Titi induk merpati bangun pukul 04.00. Ia bersiap untuk mencari makan. Ibu Titi beberapa kali membangunkan Leti, anaknya. Leti hanya membuka mata sejenak lalu kembali tidur. Padahal, setiap hari Ibu Titi menasihati anaknya tersebut untuk membiasakan bangun pagi. Leti baru bangun ketika matahari mulai bersinar terik.

“Kamu harus belajar disiplin dan mandiri, Nak!” kata Ibu Titi.

“Aku masih mengantuk, Bu. Aku juga tidak mau cari makan sendiri. Aku masih kecil,” jawab Leti.

“Kamu tidak bisa selamanya mengandalkan Ibu untuk mencari makan. Kamu harus belajar mandiri sejak kecil,” Ibu Titi menasihati.

 

Perhatikan watak tokoh cerita berikut!

(1)   mandiri

(2)   hemat

(3)   sabar

(4)   disiplin

 

Watak tokoh Ibu Titi pada cerita tersebut ditunjukkan nomor ….

A.    (1) dan (2)

B.    (1) dan (4)

C.    (2) dan (3)

D.    (3) dan (4)

 

13.  Anna sudah menjadi atlet sejak kelas tiga SD. Ia sering mengikuti perlombaan lari hingga tingkat nasional. Kemampuan berlarinya seperti binatang citah. Tak mengherankan, Anna selalu memenangkan kejuaraan lari.

 

Makna simbol citah pada paragraf tersebut adalah memiliki kecepatan lari yang ….

A.    lincah dan energik

B.    panjang langkah

C.    sangat kencang

D.    penuh semangat

 

14.  Bacalah cerita berikut!

Sudah berkali-kali Pak Yoga menegur Zaki. Ia terus saja mengganggu teman yang duduk di sampingnya. Pak Yoga kemudian menyuruh Zaki untuk pindah ke tempat duduk yang kosong. Sikap Zaki tidak ada perubahan. Ia masih mengganggu teman di sekitarnya. Pak Yoga menghampiri Zaki dan berkata, “Coba jelaskan kepada teman-temanmu tentang rotasi bumi!” Zaki hanya tertunduk sambil memainkan jemari tangannya.

 

Makna bagian yang dicetak tebal pada cerita tersebut adalah Zaki ....

A.    menahan rasa kecewa atas sikap Pak Yoga

B.    malu karena tidak bisa menjelaskan tentang rotasi bumi

C.    menyesal tidak menunjukkan kepintarannya di depan guru

D.    memikirkan jawaban menggunakan jari-jarinya

 

  

15.  Bacalah cerita berikut!

Suatu hari, Belalang yang melihat Semut lewat sambil membawa biji jagung ke sarangnya. Belalang meminta Semut bergabung bersamanya untuk bersenang-senang. Semut menolak dan memberi tahu Belalang bahwa dia sedang mencari makanan untuk cadangan musim dingin. Di musim dingin, makanan akan langka dan sulit dicari. Belalang mengabaikan cerita Semut karena dia tak mau repot. Akhirnya musim dingin pun tiba. Belalang tidak memiliki makanan untuk bertahan hidup pada musim dingin. Hal ini berbanding terbalik dengan Semut. Pada musim dingin, Semut menikmati lezatnya jagung di sarangnya.

 

Kesimpulan yang tepat untuk teks cerita tersebut adalah …

A.    Semut dapat bertahan hidup pada musim dingin berkat kerja keras menyiapkan cadangan makanan.

B.    Semut menyiapkan cadangan makanan untuk bertahan hidup pada musim dingin dengan Belalang.

C.    Belalang mengabaikan cerita Semut karena tidak mau repot menghadapi musim dingin

D.    Belalang dapat bertahan hidup dengan selalu santai dan bersenang-senang.

 

16.  Nando bercita-cita menjadi atlet sepak bola nasional. Setiap hari Nando berlatih berbagai teknik permainan sepak bola. Ia juga berlatih fisik untuk menjaga ketahanan tubuh. Nando selalu mengikuti pertandingan sepak bola untuk mengasah kemampuan. Akhirnya, tahun ini Nando terpilih menjadi atlet sepak bola terbaik tingkat nasional.

 

Amanat berdasarkan cerita tersebut adalah …

A.    Kita harus bercita-cita menjadi atlet sepak bola nasional.

B.    Sebaiknya kita selalu mengikuti pertandingan agar cita-cita tercapai.

C.    Sebaiknya kita berlatih berbagai teknik menjaga ketahanan tubuh.

D.    Untuk meraih cita-cita kita harus berlatih dan mengasah kemampuan.


 

17.  Bacalah cerita di bawah ini!

Kancil dan Kerbau berteman sejak kecil. Mereka hidup bertetangga di lingkungan yang damai. Suatu saat, Kancil diam termenung sendiri di pinggir hutan usai berlari. Kancil memang gemar berlari. “Kancil, kenapa kamu murung?” tanya Kerbau sambil menghampiri. Kancil memegang kaki sebelah kanannya, “Lututku sedang terluka karena jatuh dari tebing. Apa kamu mau membantuku untuk pulang, Kerbau?” Kerbau menaikkan Kancil di atas punggungnya dan membawa pulang ke rumah Kancil. Kerbau teringat saat ibunya mengoleskan obat ke kakinya yang sakit. Kerbau pun mengambil obat di rumahnya dan mengoleskannya ke kaki Kancil. Hal tersebut segera dilakukan supaya lukanya segera sembuh.

 

Tema cerita tersebut adalah ….

A.    lingkungan

B.    budi pekerti

C.    pengalaman

D.    kegemaran

 

18.  Bacalah cerita berikut!

Lulu merupakan pemimpin kelinci. Kawanan kelinci akan merayakan pesta panen di kebun wortel. Pesta tersebut hanya boleh dihadiri oleh kawanan kelinci. Dodot mendengar kabar pesta panen tersebut. Ia ingin sekali hadir ke pesta itu. Sayangnya, dia bukan kelinci, melainkan si marmut hitam.

Meskipun sudah lama berteman, Lulu tidak mengizinkan Dodot datang ke pesta. Ia harus menjaga nama baiknya sebagai pemimpin kelinci. Namun, Dodot ngotot ingin hadir di pesta itu. Ia ingin menikmati wortel yang melimpah. Berkali-kali Dodot membujuk Lulu, tetapi usahanya tetap gagal. Bahkan, Dodot berencana akan berdandan menyerupai kelinci.

Pesta panen di kebun wortel tiba. Semua kawanan kelinci berdatangan dengan kostum seragam. Dodot berpikir, bila ia tetap datang, pasti akan ketahuan. Ia akan mempermalukan Lulu. Dodot pun mengurungkan niatnya. Ia menyadari bahwa dirinya bukanlah kelinci.

 

Nilai moral positif tokoh Dodot dalam cerita tersebut adalah …

 

A.    menyusun taktik agar diizinkan ikut pesta

B.    berusaha berdandan menyerupai kelinci

C.    tetap membujuk Lulu meskipun gagal

D.    menyadari bahwa dirinya bukan kelinci

 

19.  Perhatikan cerita berikut!

Hari itu, matahari sangat terik. Kuda, Kelinci, dan Kera berbondong-bondong pergi ke sungai untuk mencari air. Setiba di sungai, mereka melihat Rusa berada di sana. “Selamat siang, Rusa,” kata Kelinci.  Rusa diam saja seolah tidak mendengar sapaan Kelinci. Setelah puas minum, Rusa pergi tanpa sepatah kata.  Kelinci dan teman-teman segera minum di sungai itu. Tak lama kemudian, terdengar suara sayup-sayup minta tolong. Mereka segera berlari menuju sumber suara. Ternyata, itu suara Rusa yang tertimpa pohon.

“Ayo, teman-teman, kita singkirkan pohon itu!” teriak Kelinci.

“Kenapa harus kita tolong? Dia bukan teman kita,” jawab Kera.

“Benar, tinggalkan saja! Aku tak mau menolong orang sombong!” jelas Kuda.

Kelinci pun menasihati Kuda dan Kera agar membantu siapa saja yang membutuhkan. Mereka berhasil menyingkirkan pohon yang menimpa Rusa. Rusa pun senang dan minta maaf karena keangkuhannya. Sejak saat itu, mereka bersahabat baik.

 

Keteladanan tokoh Kelinci dalam cerita tersebut adalah ...

A.    Mau menolong tanpa pamrih.

B.    Berani mengakui kesalahannya.

C.    Mau meminta maaf teman yang bersalah.

D.    Berhasil mendamaikan teman yang berselisih.

 

20.  Dani ingin merantau ke kota. Orang tuanya sedih harus berpisah dengan anak kesayangannya. Awalnya, kedua orang tuanya … melepas kepergian anaknya tersebut. Namun, demi kesuksesan anaknya, akhirnya mereka merestui.

 

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah … hati.

A.    berat

B.    besar

C.    buah

D.    jantung

21.  Pak Budi adalah seorang guru berprestasi dan terkenal ramah kepada siapa saja. Ketika berpapasan dengan orang lain yang dikenal, beliau selalu menyapa. Beliau juga tidak sombong walaupun mengukir banyak prestasi. Bahkan beliau sering berbagi ilmu kepada guru yang lain. Memang, Pak Budi bagaikan ….

 

Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …

A.    Baik berjagung-jagung sementara padi belum masak.

B.    Ilmu padi, makin berisi makin runduk.

C.    Ada beras taruh dalam padi.

D.    Ada padi segala menjadi.

 

22.  Perhatikan petunjuk penggunaan setrika uap yang disusun acak berikut!

(1)   Tunggu hingga keluar uap dari setrika!

(2)   Tancapkan steker pada stopkontak, lalu tekan tombol on!

(3)   Isilah tangki setrika dengan air!

(4)   Kembalikan posisi awal temperature, tekan tombol off lalu cabut steker dari stopkontak!

(5)   Aturlah temperatur sesuai kebutuhan!

(6)   Setelah keluar uap, gunakan setrika pada pakaian seperlunya!

 

Urutan penggunaan setrika uap yang benar secara runtut adalah ....

A.    (3)-(1)-(2)-(6)-(5)-(4)

B.    (3)-(1)-(6)-(2)-(5)-(4)

C.    (3)-(2)-(6)-(1)-(5)-(4)

D.    (3)-(2)-(5)-(1)-(6)-(4)

 

 

 

23.  Perhatikan petunjuk membuat batik jumputan berikut!

(1)   Lepaskan semua ikatan karet, peraslah kain kemudian jemur hingga kering!

(2)   Siapkan kain putih secukupnya, lalu gambarlah bulatan-bulatan kecil dengan pensil!

(3)   Letakkan kelereng pada gambar bulatan-bulatan kecil lalu ikat dengan karet!

(4)   Aduk-aduklah kain yang direbus secukupnya!

(5)   Angkatlah kain dari rebusan lalu bilas menggunakan air dingin dan bersih!

(6)   Basailah kain ikatan, rebuslah dalam campuran air, pewarna, garam, dan cuka!

 

Urutan petunjuk membuat batik jumputan yang benar adalah ….

A.    (2) – (3) – (4) – (6) – (5) – (1)

B.    (2) – (3) – (6) – (4) – (5) – (1)

C.    (2) – (4) – (3) – (5) – (6) – (1)

D.    (2) – (4) – (5) – (3) – (6) – (1)


 

24.  Perhatikan gambar berikut!

 



 Paragraf deskripsi sesuai gambar tersebut adalah ….

A.    Ada beberapa anak sedang membersih lantai, papan tulis, dan meja ruang kelas.  Sekarang ruang kelas menjadi bersih. Anak-anak dapat belajar dengan nyaman. Mereka mendapat pujian dari guru, karena mereka anak yang pandai dan rajin.

B.    Ada satu anak laki-laki dan dua anak perempuan di ruang kelas. Anak laki–laki sedang membersihkan papan tulis. Sedangkan dua anak perempuan lainnya ada yang membersihkan lantai dan ada yang membersihkan meja.

C.    Di ruang kelas yang indah, dinding bercat kuning, lantai berwarna biru. Ada satu vas bunga yang cantik. Anak-anak sangat senang membersihkan kelas. Kelas mereka bersih, sehingga guru dan siswa lebih semangat dalam belajar.

D.    Ada beberapa anak membersihkan ruang kelas. Mereka adalah siswa kelas 6 SD Ceria. Mereka saling bekerja sama membersihkan kelas. Sekarang kelas mereka bersih dan nyaman. Teman-teman yang lain pun lebih bersemangat belajar di kelas.

 

25.  Cermatilah teks laporan berikut!

Pada hari Jumat, sebagian warga SD Melati membersihkan ruang UKS. Kegiatan dilaksanakan untuk menghadapi lomba UKS. Kegiatan bersih-bersih dilakukan oleh siswa kelas IV dan V. Siswa kelas IV bertugas membersihkan meja, kursi, dan tempat tidur. … UKS SD Melati menjadi bersih, sehat, dan nyaman.

 

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks laporan tersebut adalah …

A.    Meja kursi menjadi bersih dan rapi karena dibersihkan oleh siswa kelas V.

B.    Siswa kelas V bertugas mengepel lantai, membersihkan almari, dan kotak obat.

C.    Mereka juga membersihkan tempat tidur sehingga menjadi bersih, rapi, dan nyaman.

D.    Siswa kelas V mengamati kegiatan yang dilakukan oleh siswa kelas IV.

 

26.  Perhatikan iklan berikut!


  

 


Kalimat yang sesuai untuk melengkapi iklan tersebut adalah …

A.    Tanamlah tumbuhan hijau di lingkungan kita!

B.    Galakkan menanam pohon di semua tempat!

C.    Biasakan tidak memakai kendaraan bermotor!

D.    Hijaukan bumi dengan cat tembok warna hijau!

  

27.  Anak-anak yang Ibu banggakan. Perundungan merupakan perilaku yang tidak terpuji. Perundungan dapat mengakibatkan trauma bagi korban maupun orang di sekitarnya. Kalian melihat atau menjadi korban perundungan, jangan takut segera laporkan!  …

 

Kalimat yang sesuai untuk melengkapi kutipan pidato tersebut adalah …

A.    Kalian tidak perlu takut karena identitas pelapor akan dirahasiakan agar aman.

B.    Apabila kalian membiarkan perundungan, itu sama saja berbuat berdosa.

C.    Mendukung perundungan sama saja membiarkan perundungan terjadi.

D.    Ketakutan hanya akan membebani hidup kita dan menambah masalah.

  

28.  Perhatikan kalimat berikut!

Model tersebut sedang … busana terbaru dari Butik Allea.

 

Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….

A.    memeragai

B.    memperagai

C.    memeragakan

D.    memperagakan

 

29.  Migrasi adalah perpindahan penduduk dari pulau padat ke pulau lain yang berpenduduk jarang.

 

Perbaikan penggunaan istilah bercetak tebal yang tepat pada kalimat tersebut ....

A.    transmigrasi

B.    urbanisasi

C.    emigrasi

D.    imigrasi

 


30.  Bacalah paragraf berikut!

Ayah sedang melihat televisi. Ibu memasak air di dapur. Adik bermain di halaman. Sedangkan saya berada di kebun belakang rumah. Saya menonton tanaman hijau yang tumbuh di kebun. Tanaman tersebut tumbuh subur dengan bunga bermekaran karena ibu merawat dengan baik.

 

Perhatikan kata-kata berikut!

(1)   memandang

(2)   menonton

(3)   menanak

(4)   menjerang

(5)   melirik

(6)   mengamati

 

Perbaikan penggunaan kata bercetak tebal secara berurutan adalah nomor ….

A.    (1), (2), (5)

B.    (1), (4), (6)

C.    (2), (3), (5)

D.    (2), (4), (6)

 

31.  Malioboro merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Yogyakarta. Wisatawan dapat menikmati berbagai tempat belanja dan keragaman budaya Yogyakarta. Wisatawan dapat menemukan berbagai macam barang belanjaan. Ada kerajinan tangan lokal, batik khas Yogyakarta, hingga kuliner tradisional yang lezat. Malioboro juga tempat menjadi untuk pertunjukan menyaksikan seni tradisional.

 

Perbaikan tata kalimat yang benar pada kata yang dicetak tebal yaitu …

A.    Malioboro menjadi tempat untuk menyaksikan pertunjukan tradisional seni juga.

B.    Malioboro juga menjadi tempat untuk menyaksikan pertunjukan seni tradisional.

C.    Malioboro juga tempat untuk menjadi menyaksikan pertunjukan seni tradisional.

D.    Malioboro juga tempat untuk menyaksikan menjadi pertunjukan seni tradisional.

 

32.  Pemanfaatan limbah sampah menjadi barang layak pakai, berbagai lapisan masyarakat menggencarkan. Hal ini dikarenakan tempat pembuangan sampah yang ada di Piyungan Bantul telah resmi ditutup. Penutupan dilakukan karena penuhnya Kapasitas bagi penampungan sampah. Pak Bandi petugas kebersihan di Kompleks perumahan bingung mengatasi masalah tersebut.

 

Perhatikan kata-kata berikut!

(1)   Berbagai

(2)   Piyungan

(3)   Kompleks

(4)   Kapasitas

(5)   Penutupan

(6)   Bantul

 

Kesalahan penggunaan huruf kapital ditunjukkan oleh nomor ….

A.    (1) dan (2)

B.    (2) dan (3)

C.    (3) dan (4)

D.    (5) dan (6)

 

 

33.  Siang itu(,) teman lama Rima berkunjung ke rumah. Ia membawa buah-buahan(;) salak, jeruk, dan mangga. Setelah temannya pulang(:) Rima berkata pada ibunya, “Bu, buah-buahan ini cukup banyak(.) Bagaimana kalau kita bagikan kepada tetangga sekitar rumah(!)” kata Rima. Ibu pun menyetujui usulan Rima.

 

Perhatikan tanda baca berikut!

(1)   tanda koma (,)

(2)   tanda titik koma (;)

(3)   tanda titik dua (:)

(4)   tanda titik (.)

(5)   tanda seru (!)

 

Penggunaan tanda baca yang salah pada paragraf tersebut adalah ….

A.    (1), (2), dan (3)

B.    (1), (3), dan (4)

C.    (2), (3), dan (5)

D.    (3), (4), dan (5)

34.  Ayahku seorang pamong desa. Dahulu, beliau kuliah di sebuah universitas di Yogyakarta. Beliau mengambil jurusan di Fakultas Pertanian. Ayahku bernama Suranta sp. Sekarang ayahku membuka pameran hasil pertanian di balai desa.

 

Penulisan singkatan gelar yang benar adalah ….

A.    Suranta, Sp.

B.    Suranta, S,P.

C.    Suranta, S.p.

D.    Suranta, S.P.

 

 

35.  “Nak(…) jangan lupa kunci pintu kalau Ibu sudah berangkat kerja, ya (…)” pinta Ibu.

 

Perhatikan tanda baca berikut!

(1)    tanda titik (.)

(2)    tanda koma (,)

(3)    tanda seru (!)

(4)    tanda petik (“..”)

 

Tanda baca yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….

A.    (1) dan (2)

B.    (1) dan (3)

C.    (2) dan (3)

D.    (3) dan (4)

 

36.  Saya tinggal di Kota Yogyakarta. Rumah saya berada di Jalan kusumanegara. Ayah saya seorang guru di SD Semangat. Ibu saya pemilik Toko Barokah. Toko itu menjual oleh-oleh khas Yogyakarta. Toko itu menjual bakpia Pathuk, batik sleman, geplak bantul, dan lain-lain.

 

Perhatikan penulisan kata-kata berikut!

(1)   Kota Yogyakarta

(2)   Jalan kusumanegara

(3)   SD Semangat

(4)   Toko Barokah

(5)   batik sleman

(6)   geplak bantul

 

Penggunaan huruf kapital yang benar pada paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor ….

A.    (1), (2), (5)

B.    (1), (3), (4)

C.    (2), (4), (5)

D.    (3), (5), (6)



37.  Pak Ilham pergi ke Pulau Bali pada bulan juni. Di sana beliau akan menghadiri pernikahan kerabatnya yang bernama profesor Made Purnama. Acara tersebut dihadiri oleh tokoh adat dari suku Bali.

 

Perhatikan perbaikan penulisan huruf kapital berikut!

(1)   pulau Bali

(2)   bulan Juni

(3)   Profesor Made Purnomo

(4)   Suku Bali

 Perbaikan kesalahan penggunaan huruf kapital yang tepat ditunjukkan nomor ….

A.    (1) dan (2)

B.    (1) dan (4)

C.    (2) dan (3)

D.    (3) dan (4)

 

 

38.  Hari ini, Rini dan kedua temannya berkunjung ke Pantai Anyer.  Mereka asik bermain di pinggir pantai. Mereka menaati imbauan dari petugas untuk selalu berhati-hati. Setelah puas bermain, mereka menuju tempat penjualan cenderamata. Rini membeli kaus dan kedua temannya membeli hiasan dinding dari kerang.

 

Perhatikan kata-kata berikut!

(1)   asyik

(2)   himbauan

(3)   cendera mata

(4)   kaos

 

Perbaikan kesalahan penulisan kata baku pada paragraf tersebut adalah ….

A.    (1) dan (2)

B.    (1) dan (3)

C.    (2) dan (4)

D.    (3) dan (4)

 

 

39.  Pukul empat, Tiara bangun tidur. Ia merapikan tempat tidur. Sebelum mandi, Tiara harus menyiapkan beberapa alat tulis(,) buku, pensil, penghapus, dan penggaris. Tiba-tiba, “Tiara(!) bantu Ibu Nak(.)” kata Ibu. Mendengar panggilan Ibu, Tiara segera bergegas membantu Ibu di dapur.

 

Perhatikan tanda baca berikut!

(1)   tanda koma (,)

(2)   tanda titik (.)

(3)   tanda titik dua (:)

(4)   tanda titik koma (;)

(5)   tanda seru (!)

(6)   tanda tanya (?)

 

Perbaikan penulisan tanda baca secara berurutan yang tepat adalah ….

A.    (3), (1), (5)

B.    (3), (2), (6)

C.    (4), (1), (5)

D.    (4), (2), (6)

 

 

40.  Masyarakat kesulitan mendapatkan sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Begitupun dengan para petani, mereka mengalami gagal panen. Selain itu, pohon-pohon juga banyak yang mati. Itulah beberapa dampak dari kekeringan.

 

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

A.    dampak kekeringan

B.    kebutuhan air

C.    petani gagal panen

D.    kesulitan air bersih

















































KUNCI JAWABAN 


 



 

 

0 comments:

Posting Komentar